Seminar Nasional “Mewujudkan Bahasa Indonesia Mendunia di Era Disrupsi Digital”

Seminar Nasional yang mengusung tema “Mewujudkan Bahasa Indonesia Mendunia di Era Disrupsi Digital” sebagai program kerja tahunan Program Studi Linguistik Indonesia UPN Veteran Jawa Timur diadakan pada tanggal 26 September 2023 di Ruang Penida Noor, lt.1, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Acara dibuka dengan sambutan dekan FISIP yang diwakili oleh Wakil Dekan I FISIP, Dr. Yuli Candrawati, M.Si. dan sambutan dari Koorprodi Linguistik Indonesia, Dr. Endang Sholihatin, S.Pd., M.Pd. Seminar nasional ini mengundang dua narasumber, yaitu Erawati D. Lestari, S.S., M.Hum. sebagai pembicara 1 dari IAIN Kediri. Pembicara 2 yaitu Rizal Agung Kurnia, S.Hum., M.Phil. sebagai dosen bahasa Rusia Akademi Angkatan Laut Surabaya.

Seminar ini mengusung tema “Mewujudkan Bahasa Indonesia Mendunia di Era Disrupsi Digital”. Hal ini karena bahasa Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi bahasa internasional, didukung oleh berbagai faktor yang memperkuat posisinya di tingkat global. Bahasa Indonesia memiliki struktur gramatika yang sederhana, membuatnya relatif mudah dipelajari oleh orang asing. Selain itu, bahasa Indonesia memiliki kemampuan untuk mengekspresikan konsep dan ide-ide kompleks. Bahasa Indonesia telah digunakan dalam berbagai forum internasional, termasuk pertemuan diplomatik, konferensi internasional, dan forum perdagangan. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa ini mampu berfungsi sebagai alat komunikasi internasional. Bahasa Indonesia mencerminkan keberagaman budaya dan etnis di Indonesia. Ini memungkinkannya untuk menjadi jembatan komunikasi antarbangsa dan mempromosikan pemahaman lintas budaya.

Upaya-upaya telah dilakukan untuk mengembangkan dan memperkuat pengajaran Bahasa Indonesia di tingkat nasional dan internasional. Program-program pendidikan dan pelatihan telah dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa ini. Dengan memahami potensi bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional, kita dapat terus mendukung upaya-upaya untuk mempromosikannya di dunia internasional. Dengan kerja sama dan komitmen bersama, bahasa Indonesia dapat memainkan peran yang semakin penting dalam komunikasi global. Melalui seminar nasional ini, Program Studi Linguistik Indonesia telah turut berkontribusi dalam mengupayakan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.