Gali Dunia Jurnalistik, Mahasiswa Linguistik Indonesia UPN Kunjungi Jawa Pos

Dalam suasana penuh antusiasme,  Mahasiswa Linguistik Indonesia UPN ‘Veteran’ Jawa Timur melakukan kunjungan redaksi media Jawa Pos. Kunjungan media itu merupakan rangkaian kuliah lapang dari Mata Kuliah Literasi Digital, Selasa, 15 Mei 2024.

Kunjungan penuh semangat mahasiswa Linguistik Indonesia UPN ‘Veteran’ Jawa Timur ke redaksi Jawa Pos disambut hangat oleh Andri, Redaktur Nasional Jawa Pos. Mahasiswa diterima di Ruang Studio Jawa Pos TV.

Andri, berbagi dasar-dasar jurnalistik kepada mahasiswa Linguistik UPN ‘Veteran’ Jawa Timur, mulai dari alur pembuatan berita hingga tugas wartawan serta tugas dan peran sebagai seorang redaktur.

“Tiap wartawan harus mengumpulkan tiga berita berkualitas, kemudian redakturi akan memastikan standar editorial terpenuhi. Dari pengecekan tata bahasa hingga penataan layout, setiap detail disorot dengan cermat”. Jelas Andri.

Antusiasme mahasiswa terpancar saat berdialog dengan Andri, Redaktur Nasional Jawa Pos. Pertukaran ide yang hangat membuka cakrawala baru tentang jurnalistik di media. Dari dialog ini, mahasiswa meraih pengetahuan baru dalam bidang jurnalistik, tak hanya itu mahasiswa juga dapat terinspirasi peran mereka dalam menyebarkan informasi yang berkualitas.

 “Seru banget karena baru pertama kali bisa mengetahui tugas wartawan, mengetahui tentang jurnalistik” , sebut Dea Putri Pascha salah satu mahasiswa Linguistik.

Usai berdiskusi mahasiswa melakukan kunjungan ke ruang redaktur dan melihat langsung proses pembuatan berita mulai dari editing hingga layout di media Jawa Pos. Kunjungan media ke Jawa Pos ini diharapkan mampu memberikan gambaran konkret kepada mahasiswa Linguistik Indonesia tentang dunia jurnalistik serta perkembangan media di era digital. (NH,CR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *