KEPOPULERAN MBTI TEST SEBAGAI PATOKAN KEPRIBADIAN SESEORANG

Sumber: Campuspedia

MBTI adalah singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator. Ini adalah sebuah alat atau tes yang digunakan untuk mengukur preferensi psikologis dasar seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. Dengan kata lain, MBTI mencoba untuk mengidentifikasi bagaimana seseorang biasanya berpikir, merasakan, dan berperilaku.

MBTI membagi kepribadian seseorang menjadi 16 tipe yang berbeda, berdasarkan empat dikotomi atau pasangan preferensi yaitu: Introversion (I) Vs Extraversion (E), Sensing (S) Vs Intuition (N), Thinking (T) Vs Feeling (F), Judging (J) Vs Perceiving (P). Contoh tipe MBTI sendiri seperti INTJ yang di realisasikan dengan karakter Arsitek dan ISTP yang di realisasikan dengan karakter Tukang.

MBTI sendiri digunakan sebagai sarana untuk mengenal diri sendiri, meningkatkan hubungan interpersonal, pengembangan karir, dan tim building. Akan tetapi perlu di ingat bahwa MBTI ini sendiri hanyalah sebagai sebuah preferensi, bukan sesuatu yang sudah mutlak, karena preferensi seseorang ketika mengisi kuisioner dalam tes MBTI sendiri bisa berubah tergantung pada waktu dan pengalaman seseorang itu sendiri. Jadi tes MBTI ini sendiri memiliki keterbatasan dan kurang akurat untuk dijadikan sebagai bahan acuan kepribadian dari seseorang.

Penulis: IH